Selasa, 09 Februari 2010

Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

Menggunakan Internet Untuk Memperoleh Informasi

A. Mendeskripsikan Pelayanan world Wide Web Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi dalam internet kita dapat menggunakan search engine yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu. Daftar sumber daya pada internet ; E-mail : Untuk melakukan pertukaran surat elektronik Newsgroup : Forum diskusi Mailing List : Kelompok diskusi menggunakan surat elektronik IRC : Dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif Telnet : memungkinkan pengguna melakukan login ke suatu komputer lain FTP : sarana untuk transfer berkas dari komputer lokal ke komputer lain Gopher : Memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server gopher Archie : Untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP Veronica : untuk melakukan pencarian pada situs-situs gopher WAIS : Perangkat untuk melakukan pencarian data pada internet dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari WWW : Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam internet melalui pendekatan hypertext

protokol yang digunakan web disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language)

Beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan internet ;

a. Bidang akademis : misalnya referensi, jurnal, maupun hasil penelitian dapat dipublikasikan melalui internet dalam jmlah yang banyak

b. Bidang ekonomi dan Bisnis : Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lntas negara dimana pelakunya tidak perlu bepergian ke negara tempat rekan bisnisnya.

c. Bidang keagamaan : untuk sarana dakwah

d. Bidang sosial : ndengan menggunakan e-mail atau chat room

e. Bidang komunikasi : teknologi VoIP memberikan manfaat kepada pengguna telepon suapaya tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional.

f. Bidang hiburan : dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan internet.


B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk Mengakses Website

a. Title bar : judul halaman web yang sedang dibuka

b. Menu Bar : menu-menu utama browser misal menu file,edit,view dll

c. Toolbar : tombol-tombol yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai shortcut

d. Address Bar : untuk menuliskan alamat situs yang ingin ditampilkan

e. Status Bar : menampilkan status dari situs web yang sedang dibuka
C. Mendeskripsikan Pengertian URL dan Homepage
URL ( Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. aturan penulisan alamat sebagai berikut ; Protokol -> http:// Domain -> www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id Directory -> /06/ Nama Halaman -> index.php Tipe Domain : com atau co : Perusahaan Komersial edu atau ac : Institusi pendidikan gov atau go : Biro mil : Militer net : Penyedia jaringan org atau or : Organisasi

Daftar identitas sebagian negara
at : Austria my : Malaysia
au: Australia sg : Singapura
ca : Kanada ve : Venezuela
de: Jerman kr : Korea selatan
Fr: Prancis mx : Mexico

Mengenal Homepage
Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jka sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam www, Web Page merupakan salah satu halaman dari website. semua web page merupakan homepage
D. Mendeskripsikan HyperText dan HTML

1. Mengenal HyperText

Hypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext yang dipilih. HTTP adalah protokol untuk mendownload file ke komputer. Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah www.

2. Mengenal HTML

Untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Languange). HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi antarmuka (interface) aplikasi di dalam Internet. Terdapat dua cara untuk membuat web yaitu dengan editor HTML atau dengan editor teks biasa dengan emnggunakan Notepad.


E. Mengenal Beberapa Situs yang Menyediakan Fasilitas Search Engine

Search engine adalah situs khusus di Internet yang dirancang untuk membantu pengguna internet menemukan informasi yang tersimpan di dalam situs lain

F. Menggunakan Search Engine dalam Mengakses Informasi dari Internet

Search engine memiliki tiga kompinen penting ;

a. Elemen pertama disebut laba-laba yang disebut juga crawler. Elemen ini mengerjakan akses ke situs-situs web,membaca isinya,dan mengikuti link-link yang terdapat pada situs.

b. Elemen kedua disebut indeks yang berisi salinan dari setiap situs yang dikunjungi elemn spider

c. Elemen ketiga adalah software search engine itu sendiri. Software ini memilah jutaan data dalam katalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokkannya sesuai permintaan pengguna Internet.

Langkah-langkah untuk menggunakan search engine google ;

1. Buka browser internet explorer/mozzila firefox

2. Pada kotak address ketik www.google.co.id lalu enter sampai keluar pada gambar berikut

3. Ketik kata kunci yang dicari pada kotak search lalu enter.

4. Pilih link untuk informasi yang diperlukan

Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo.

Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang dimasukkan pengunjung.

Search Engine akan berusaha mungkin menampilkan data yang paling relevan dengan yang diinginkan pengunjung. Berbagai kemungkinan data yang akan ditampilkan, dan search engine punya banyak pertimbangan yang dituangkan dalam algoritmanya.

Tujuan search engine sangat simpel yaitu menarik pengunjung baru ke situs anda, membuat web menjadi mudah ditemukan oleh “pengunjung yang tepat” serta mencoba menyelaraskan prospek dengan apa yang kita tawarkan.

Search engine bukanlah suatu cara agar kita dapat di list untuk semua keyword yang mungkin. Banyak orang berusaha untuk mendapatkan rangking search engine yang tinggi, untuk keyword sebanyak mungkin. Ini bukan saja pekerjaan yang sangat banyak, tapi juga membuang-buang waktu.

Listing untuk keyword sebanyak mungkin bukan sesuatu yang penting. Yang penting adalah website anda dapat di list untuk keyword yang tepat dan ‘mengubah’ pengunjung website menjadi pembeli
Search engine adalah situs khusus di Internet yang dirancang untuk membantu para pengguna Internet untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain. Kebanyakan pengguna Internet menggunakan bantuan search engine untuk mencari berbagai macam data, informasi, artikel, dan pengetab.uan.di Internet.Program "Gophers" dan "Archie" mencatat indeks file yang tersimpan dalam server yang terhubung dengan Internet dan secara dramatis mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mencari program dan dokumen. Dari sekian banyak mesin pencari(Search Engine), yang paling populer diantaranya, yaitu.

a. Google, beralamat di www.google.com
b. Yahoo., beralamat di www.yahoo.com
c. All the web, beralamat di www.alltheweb.com
d. Excite, beralamat di www.excite.com
e. Lycos, beralamat di www.lycos.com
f. Altavista, bera

G. Mengelola Informasi yang Diperoleh

1. Menyimpan Informasi

Cara menyimpan halaman web adalah sebagai berikut ;

a. Aktifkan web browser pada halaman yang kamu sukai

b. Setelah muncul, klik File pada pull-down menu dan pilih Save As

c. Tentukan dimana file tersebut akan disimpan dan juga beri nama file-nya – tombol Save

Terdapat berbagai jenis penyimpanan ;

1. Web Page Complete (*.htm,*.html)

Digunakan untuk menyimpan halaman web secara lengkap

2. Web Archive,single file (*.mht)

Untuk menyimpan halaman secara lengkap dalam satu kesatuan file dengan extension *.mht.

3. Web Page, HTML Onlyn(*.htm,*.html)

Digunakan hanya untuk menyimpan file html

2. Mencetak Informasi

Untuk mencetak halaman web cukup dengan cara Klik File-Print

H. Melakukan Download File dan Menentukan Lokasi Penyimpanan

Download adalah proses pengambilan file dari komputer lain melalui internet ke komputermu. Beberapa program aplikasi untuk menangani kegiatan fownload file dari internet adalah Download Accelerator Plus (DAP),Getright,Free Download Manager dll

Langkah-langkah untuk mendownload antara lain ;

a. Buka browser lalu buka halaman web yang kamu inginkan

b. Klik download makalah lengkap dalam bentuk PDF-muncul jendela konfirmasi

c. Klik tombol save –tentukan folder penyimpanan-save dan tungu sampai download complete

soal latihan
1.Tulislah Beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan internet !
2.Tulislah Fasilitas pada Web Browser yang digunakan untuk Mengakses Website !
3.Tentukan Daftar identitas 5 negara !
4.Tulislah Langkah-langkah untuk menggunakan search engine google !
5.Tulisalah prosedur atau langkah-langkah Menyimpan Informasi !

2 komentar: